Meningkatkan daya jual di mata perekrut karyawan


Banyak orang menganggap kemampuan mengetiknya yang supercepat bukan hal yang luar biasa dan berpotensi menarik minat pencari karyawan. Pemikiran ini tak benar. Banyak hal yang Anda pikir tak menarik, namun sebenarnya meningkatkan daya jual Anda di mata perekrut karyawan. Jangan abaikan jika Anda memiliki kemampuan sebagai berikut:

Menulis dan berkomunikasi yang baik
Meski Anda tak melamar pekerjaan sebagai penulis atau reporter di sebuah surat kabar, atau mengincar posisi humas, memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi yang baik menjadi daya jual tersendiri. Perusahaan biasanya lebih senang dengan orang yang mampu berkomunikasi dengan baik, karena orang seperti ini lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan. Kemampuan menulis pasti dibutuhkan, setidaknya untuk membuat laporan kerja.

Menguasai lebih dari satu bahasa asing
Tidak perlu diragukan lagi. Kemampuan berbahasa asing sangat dihargai dan menjadi nilai lebih bagi mereka yang menguasai. Perusahaan lebih senang merekrut karyawan yang cas cis cus berbahasa Inggris, karena akan memudahkan berhubungan dengan klien mancanegara.

Pengalaman bekerja di perusahaan ternama
Jangan segan-segan menunjukkan nama perusahaan, bahkan jika hanya pernah bekerja di restoran cepat saji. Maksudnya, akan lebih mudah mengetahui reputasi kerja Anda jika pernah bekerja di perusahaan terkenal dengan reputasi yang baik pula.

Pernah aktif di organisasi atau LSM
Pengalaman sebagai aktivis di sebuah organisasi bisa menjadi bekal berharga sebelum Anda masuk ke lingkungan “organisasi” kantor, apalagi jika organisasi yang Anda geluti berkaitan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Sertifikat seminar atau pelatihan
Jangan abaikan ilmu yang pernah Anda dapatkan dari pelatihan dan seminar apa pun. Lampirkan jika mendapat sertifikat dari seminar atau pelatihan yang Anda ikuti. Makin banyak sertifikat, tentu mencerminkan ilmu apa saja yang Anda miliki.

0 komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
Free counters!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting